Sunday 27 March 2011

Sebuah Semangat yang akan terus


Semangat adalah sebuah hal maya tapi nyata. Sulit mengungkapkan seperti apa tapi jelas-jelas itu ada. Dan semangat itu juga bisa ditularkan ke sekitarnya.

Pada suatu ketika, ternyata semangat itu juga bisa ditanam sejak awal agar bisa dipacu ulang saat sudah tua nanti. Hal ini kadang kita lihat dalam dunia spionase. Sebuah paham dapat ditanam dari awal. Akibatnya hingga tua nanti, paham itu tetap melekat erat di dalam pikiran orang tersebut.

GAMBARU!!! Itu juga ditanam sejak awal pada anak-anak di Jepang. Gambaru—secara populer diterjemahkan sebagai berjuang mati-matian sampai titik darah penghabisan, bekerja hingga batas kemampuan terakhir, atau melakukan sesuatu dengan segala daya dan upaya, bahkan yang terpahit sekalipun, untuk mencapai yang terbaik.

Itulah semangat yang ditanamkan terus menerus pada anak-anak di Jepang, hingga nanti kelak saat mereka dewasa, mereka bisa mengeluarkan semangat itu saat mereka menghadapi saat-saat yang terpahit sekalipun.

Namun, terkadang banyak hal yang bisa kita kritisi dari semangat yang konon katanya menjadi dasar terjadinya Kamikaze dan harakiri di Jepang. Semangat berjuang terus menerus itu penting, tapi untuk suatu kehidupan yang kekal.
Berjuang terus, berlari dan berlomba hingga nanti mahkota kekal sudah menantimu.


GAMBARU!!!
PRAY FOR JAPAN


No comments:

Post a Comment

count your blessing